Ruangan Auto Asri dengan Tanaman Hias, Cek Rekomendasinya di Sini!

Sumber: Freepik.com

Warga Asri tertarik membuat ruangan di rumah jadi lebih hijau? Ternyata ada banyak jenis tanaman hias yang dapat tumbuh subur meski di dalam rumah dengan perawatan yang mudah, lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Palem Kuning

Ga main-main, ternyata tumbuhan ini dapat membersihkan udara di dalam ruangan. Palem yang biasa dikenal dengan nama areca ini juga cocok untuk menambah estetika ruangan di rumah, lho. Dengan tanah sebagai media tanamnya, ujung cabangnya yang halus dapat secara alami memancarkan cahaya belang-belang yang indah. For your information, lokasi terbaik untuk meletakkan palem areca adalah di dekat jendela yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Jika Warga Asri mencari tanaman hias dengan media tanam air, sirih gading bisa menjadi pilihan. Daun dari sirih gading yang berbentuk hati dan mengilap bisa membuat tampilan ruangan makin menarik. Selain itu, daun sirih gading yang menjuntai juga terlihat manis, lho!

Cara merawatnya cukup mudah nih, Warga Asri. Cukup tumbuhkan sirih gading dalam vas bening berisi air. Pastikan sirih gading tetap mendapatkan sinar matahari tidak langsung yang cukup. Jangan lupa ganti air setiap beberapa hari untuk mempertahankan kadar oksigen yang tepat. 

English Ivy 

Tanaman yang cepat tumbuh di sekitar rumah ini memiliki daun berwarna hijau yang khas dan efektif menyerap senyawa beracun di udara. Dedaunannya terbukti mengurangi jamur dan berguna untuk ruangan lembab, seperti di kamar mandi. Media tanamnya sendiri berupa tanah dengan banyak air. English ivy akan tumbuh sehat pada suhu ruangan yang relatif sejuk. Buat Warga Asri yang mau meningkatkan kondisi udara di rumah, English ivy bisa jadi pilihan yang cocok, nih!

Philodendron

Philodendron merupakan salah satu tanaman hias dalam ruangan dengan perawatan yang sederhana. Perawatannya pun tidak merepotkan, cukup siapkan media tanam yang lembab dan cukup siram Philodendron saat permukaan tanah terlihat mengering. Perlu diketahui juga, Philodendron menyukai paparan cahaya matahari tidak langsung. 

Selain perawatannya mudah dan tampilannya yang indah, Philodendron juga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Pasalnya, tanaman hias jenis ini mampu menyerap polutan di udara yang dapat merugikan kesehatan dan berpotensi mengakibatkan kanker. Makin tertarik untuk merawatnya?

Tanaman Laba-laba

Mencari tanaman hias dalam ruangan yang dapat menurunkan kadar karbon monoksida? Tanaman laba-laba atau spider plant adalah jawabannya. Tanaman laba-laba memang terkenal sebagai tanaman pembersih udara dalam ruangan. 

Tanaman ini menyukai suhu yang relatif sejuk, dan merupakan salah satu tanaman dalam ruangan yang paling toleran tumbuh dengan cahaya buatan. Sebaliknya, tanaman laba-laba tidak bisa terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat daunnya kering. 

Tanaman laba-laba nggak rewel soal situasi dan jarang bermasalah, cocok untuk pemula. Media tanam yang cocok dengan tanaman ini adalah tanah yang mudah mengering, Warga Asri bisa menggunakan pot dan meletakkannya di rak yang tinggi, ambang jendela, atau sebagai pajangan di pot gantung. 

Jadi, tertarik membuat ruangan di rumah lebih hijau dengan tanaman hias yang mana nih, Warga Asri? Jangan lupa untuk membagikan informasi ini pada teman atau keluarga kamu yang lain, ya! Semoga bermanfaat!

 

Sumber : 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/12/083500976/6-tanaman-hias-yang-dapat-membersihkan-udara-di-dalam-ruangan?page=all 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/13/122732176/10-tanaman-hias-dalam-ruangan-yang-bisa-ditanam-di-air?page=all 

 
Carbon Management

Self-Love dalam Pola Hidup Ramah Lingkungan

Ancaman krisis iklim merupakan hal yang menakutkan bagi kita. Bagaimana tidak? Bencana alam seperti panas yang […]

oleh Indonesia Asri
March 21, 2024
 
Carbon Management

Manfaat Rutin Bersepeda, Sehat dan Ramah Lingkungan!

  Warga Asri ingin mencoba berolahraga yang seru dengan intensitas rendah tapi bingung harus mulai dari […]

oleh Indonesia Asri
March 13, 2024
 
Carbon Management
Sustainable Waste Management

Memiliki Banyak Keunggulan, Ini Alasan Produk Lokal Harus Menjadi Andalan

Ajakan untuk membeli atau mengonsumsi produk lokal sudah digaungkan sejak lama. Hal ini bukan tanpa alasan […]

oleh Indonesia Asri
February 29, 2024
 
Carbon Management

Rekomendasi Kegiatan Seru Ramah Lingkungan di Akhir Pekan

Akhir pekan menjadi momen yang tepat untuk mengumpulkan tenaga dan menyegarkan pikiran. Berbagai kegiatan dapat dilakukan, […]

oleh Indonesia Asri
February 21, 2024
 
Carbon Management

Ruangan Auto Asri dengan Tanaman Hias, Cek Rekomendasinya di Sini!

Warga Asri tertarik membuat ruangan di rumah jadi lebih hijau? Ternyata ada banyak jenis tanaman hias […]

oleh Indonesia Asri
February 1, 2024
 
Carbon Management
Sustainable Waste Management

3 Hal Sederhana untuk Mengurangi Perubahan Iklim

Perubahan iklim menjadi tantangan yang perlu ditanggulangi bersama, karena kontribusi sederhana tetap memiliki arti yang besar […]

oleh Indonesia Asri
December 21, 2023