Challenge: DAY 10 – Produk Lokal Time! | User: Abdul Kharis

Provinsi Banten memiliki memiliki potensi untuk mengangkat merek produk lokal ke tingkat nasional hingga internasional. Oleh karena itu, sejumlah kebijakan kepala daerah di Banten yang menjadikan merek produk lokal patut diapresiasi.
Sejumlah produk yang mewakili daerah di Banten bermunculan. Selain beberapa produk yang sama dari kabupaten/kota seperti beras, belakangan juga muncul produk kopi dengan merek ”WH” atau inisial yang identik dengan sapaan familiar dari Gubernur Banten Wahidin Halim.
Dari Kota Serang, produk unggulan yang familiar di masyarakat salah satuya adalah sate bandeng. Selain itu, ada beberapa produk lokal unggulan UMKM binaan Kota Serang. Di antaranya, kue satu, kue bangkit, dan batik keraton yang sudah dikenal oleh banyak orang, baik Kota Serang maupun luar Kota Serang.
Dari Kota Cilegon, jagung pulut atau jagung ketan merupakan salah satu produk yang menuai perhatian di pasaran. Namun, jagung tersebut hanya beredar di sekitar Kota Cilegon.
Di Kabupaten Pandeglang kita mengenal beras Cimanuk. Pemasaran beras ini sudah menemmbus pasar DKI menjadi beras unggulan di Pandeglang. Beras Cimanuk dikenal memiliki kualitas yang siap bersaing dengan beras dari berbagai daerah.
Sama halnya dengan Pandeglang, dari Kabupaten Lebak muncul beras merek Ciberang. Namun, produk yang sudah dipatenkan 2018 tersebut sulit berkembang akibat kesulitan permodalan.
Beras merek Ciberang ini merupakan beras premium dan rasaya cukup pulen dan memenuhi syarat standar beras berkualitas. Setiap Gapoktan yang memproduksi beras Ciberang sudah melalui tahap uji mutu.
ama halnya dengan Pandeglang dan Lebak, terbaru adalah beras Jawara Serang (Jaseng) yang diluncurkan Pemkab Serang. Bahkan, Kota Serang juga berencana memproduksi beras dengan merek lokal dengan nama beras “Madani”.
Selain beras, juga muncul produk kopi asli Banten bermerek “WH”. Kopi yang mereknya identik dengan inisial Gubernur Banten Wahidin Halim tersebut, dikelola Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kampung Cikalahi, Desa Mekarsari, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Beberapa produk lokal banten yang saya konsumsi adalah Kue bangkit, kue satu, beras cimanuk pandeglang dan sate badengan khas banten..

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Bergerak dari Akar Rumput, Tercipta 150 Bank Sampah di Solo

Cita-cita Denok Marty Astuti sederhana saja, dia ingin agar Kota Solo, tempat tinggalnya, menjadi kota yang […]

oleh Indonesia Asri
May 27, 2024
 

Bersih-Bersih Sampah Digital dengan Digital Decluttering Itu Penting, Yuk Sering Lakukan!

  Masyarakat tengah dihadapkan dengan perubahan dan krisis iklim yang semakin nyata. Greenpeace Indonesia mencatat, kondisi […]

oleh Indonesia Asri
May 24, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024