Challenge: DAY 12 – Bawa Kantong Ajaib | User: Abdul Kharis

Kantong ajaib disini saya artikan sebagai peralatan yang dibawa seperti tas selempang, tas ataupun kantong recycle dari minimarket guna mengurangi sampah plastik.
Setiap orang tentu sering belanja baik itu di mall, supermarket, ataupun di pasar tradisional. Penggunaan kantong plastik pun tersedia di setiap pusat perbelanjaan. Kebiasaan dalam menggunakan kantong plastik ini sudah sangat tertanam.
Tapi per 1 Maret 2019, masyarakat harus mulai terbiasa tidak menggunakan kantong plastik.
Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengumumkan kebijakan yang sebelumnya sudah pernah di uji coba pada 2016 yang sempat terhenti.
Kebijakannya yaitu Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG). Ini dilakukan sebagai edukasi kepada masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik. Plastik nantinya akan dikenakan biaya minimal Rp200.
Ini dilakukan untuk mendukung salah satu visi pemerintah untuk mengurangi sampah 30 persen, termasuk sampah plastik pada 2050 mendatang.
Roy Mandey selaku Ketua Umum Aprindo mengatakan bahwa dirinya bersama seluruh anggota Aprindo siap mengurangi sampah plastik, dan ini program untuk menyelamatkan lingkungan dengan pengurangan sampah plastik.
Aturan soal Kantong Plastik Tidak Gratis telah ditetapkan pada 1 Maret 2019, sehingga konsumen yang ingin menggunakan kantong plastik harus membayarnya.
Selain menerapkan kebijakan tersebut dengan mematok harga minimal Rp200, Aprindo menyarankan agar konsumen menggunakan tas belanja yang bisa dipakai berulang-ulang yang disediakan di tiap gerai ritel modern.

Beberapa Ritel yang Telah Berpartisipasi “KPTG”
Berikut ini adalah beberapa ritel modern yang akan berpartisipasi diantaranya, Alfamart, Superindo, Ramayana, Lottemart, Informa, Electronic City, Matahari, Alfamidi, Yogya, Borma dan ritel lainnya yang tergabung dengan Aprindo.
Sosialisasi mengenai Kantong Plastik Tidak Gratis ini akan dilakukan langsung di gerai-gerai ritel modern melalui poster yang telah disediakan, media sosial, dan ajakan dari para kasir yang bertugas.
Yang telah menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar ialah Alfamart. Seperti yang dilansir di Detik.com, Alfamart di Kebayoran Lama Jakarta Selatan, kantong plastik dikenakan harga Rp500/pcs

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024