Challenge: DAY 130 – 7 Jenis Sampah Plastik | User: Abdul R.T, S.E

7 Jenis Botol Plastik Kemasan
1. PET
Simbol pertama adalah simbol daur ulang dengan kode nomor 1 dan kode PETE atau PET di bawahnya yang menunjukkan bahwa plastik tersebut terbuat dari polietilen tereftalat. Simbol ini banyak dijumpai pada plastik makanan dan minuman, seperti botol minuman, botol soft drink, botol minyak, botol saos, toples selai, toples obat dan sisir.

2. HDPE
Simbol daur ulang plastik selanjutnya adalah simbol dengan kode nomor 2 dan kode HDPE atau PEHD yang digunakan untuk plastik high density polyethylene.

Jenis plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk botol air minum, botol susu, botol sabun, botol detergent, botol shampo dan kemasan plastik tebal lainnya.

3. PVC
Simbol dengan angka 3 dan PVC atau V adalah simbol plastik berbahan dasar polivinil klorida. Misalnya plastik untuk pipa air, genteng, kabel listrik, kemasan dan mainan anak/hewan peliharaan.

Plastik jenis ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga penting untuk menghindari penggunaan plastik jenis ini dalam kemasan makanan atau minuman yang penggunaannya masif.

4. LDPE
Jenis plastik polietilen dengan kerapatan rendah ini memiliki kode nomor 4 dan diberi nama LDPE atau PE-LD. Plastik ini bersifat lentur, tahan lama, kuat, lentur dan dapat digunakan berulang kali. Namun LDPE jenis ini sangat sulit untuk didegradasi.

5. PP
Jenis plastik polypropylene kode nomor 5 ini memiliki sifat yang sangat kuat, aman digunakan pada suhu panas dan ringan. Bahan ini berfungsi cukup baik sebagai wadah makanan dan biasa ditemukan di botol sirup, kotak yogurt, sedotan plastik, gelas minum, bahkan botol bayi.

6. PS
Polystyrene adalah jenis plastik yang biasanya dijual cukup murah dengan plastik kode angka 6 dan kode PS di logonya. Plastik ini sering digunakan pada kemasan minuman dan kemasan styrofoam, juga pada wadah minum sekali pakai seperti sendok dan garpu kaca, bahkan bisa digunakan pada bahan bangunan (lantai).

7. OTHER ATAU O
Dan terakhir simbol plastik dengan kode angka 7 dan kode “Lainnya” atau “O”. Di sini “Lainnya” berarti jenis plastik yang tidak termasuk dalam klasifikasi enam kode sebelumnya (PETE/PET, HDPE/PE-HD, PVC/V, LDPE/PE-LD, PP, dan PS).

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024