Challenge: DAY 153 – Tumbuh Jadi Baru! | User: Abdul Kharis

Mencipta sosok anak yang bahagia sebenarnya bisa dilakukan sejak dini. Pasalnya, ini tak ditentukan oleh seberapa banyak mainannya maupun sesering apa Anda mengajaknya berlibur.

Membesarkan anak yang bahagia sebenarnya dibuat dengan kebiasaan-kebiasaan kecil dan membentuk pola pikir. Tentu, ini tak bisa lepas dari pendampingan Anda.
Nah, apa yang bisa Anda lakukan agar Si Kecil tumbuh besar dengan bahagia?

1. Selalu Luangkan Waktu Bercengkrama
Edward Hallowell, psikiater dan penulis The Childhood Roots of Adult Happiness mengatakan, itulah kunci pertama agar Anda dapat menjadikan Si Kecil sosok yang bahagia. “Terhubunglah dengan bayi Anda dan bermain dengannya. Jika Anda bersenang-senang dengannya, ia juga akan merasakan hal yang sama,” saran Hallowell.
Bermain tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan anak, tapi juga menciptakan rasa bahagia. Pengalaman bermain di masa kecil ini bisa membantunya mengarahkan kariernya di masa depan.
Bermain tidak berarti memasukkan anak ke kelas musik, olahraga tertentu, atau keterampilan terstruktur lainnya. “Apapun bisa Anda gunakan sebagai bahan mainan untuk anak. Intinya adalah, ketika ia bergumul dengan mainan itu, anak akan menemukan sesuatu yang baru, menciptakan hal baru, dan berpikir.”

2. Kembangkan Bakat Anak
Usahakan Anda selalu ada di dekat anak ketika mereka belajar menguasai suatu keterampilan.
Anda diupayakan selalu hadir, misalmisalnyanya ketika anak pertama kali menyuap makanannya sendiri, ketika anak pertama kali melangkahkan kakinya sendiri, dan pengalaman lain.
Ikutlah merasakan dan merayakan keberhasilan anak yang diraih atas usaha dan ketekunannya.
Pengakuan Anda akan keberhasilannya merupakan faktor penting dalam menentukan kebahagiaan anak hingga saat dewasa nanti.

3. Tubuh Sehat, Anak Bahagia
Tidur cukup, giat berolahraga, dan pola makan seimbang merupakan hal-hal penting yang harus diterapkan tiap orang, terutama diterapkan pada anak-anak sejak dini.
Berikan bayi Anda ruang untuk melepaskan energinya. Baik itu sekadar menendang-nendang kakinya di udara, merangkak meraih bola, berjalan bolak-balik, atau bermain ayunan di taman.

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Bergerak dari Akar Rumput, Tercipta 150 Bank Sampah di Solo

Cita-cita Denok Marty Astuti sederhana saja, dia ingin agar Kota Solo, tempat tinggalnya, menjadi kota yang […]

oleh Indonesia Asri
May 27, 2024
 

Bersih-Bersih Sampah Digital dengan Digital Decluttering Itu Penting, Yuk Sering Lakukan!

  Masyarakat tengah dihadapkan dengan perubahan dan krisis iklim yang semakin nyata. Greenpeace Indonesia mencatat, kondisi […]

oleh Indonesia Asri
May 24, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024