Challenge: DAY 161 – Cuci Cuci | User: Abdul Kharis

Cara Mencuci Baju dengan Mudah, Baik Pakai Tangan maupun Mesin
Mencuci pakaian yang menumpuk adalah hal yang melelahkan. Selain memakai tangan, kamu pun bisa mencuci baju dengan mesin.

Apalagi menggunakan mesin cuci memanglah praktis dan mudah. Kita hanya perlu menekan tombol yang ada dan mesin pun akan langsung otomatis bekerja.

Selain itu, ada banyak mesin cuci yang menawarkan fitur-fitur unggulan, dari pengering hingga teknologi quick wash.

Namun, baik memakai tangan maupun mesin, tentu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat mencuci baju menggunakan mesin cuci, lho.

Lantas, bagaimana cara mencuci baju dengan tangan?
Yuk, simak beberapa langkah mencuci baju dengan tangan berikut ini.

1. Pisahkan baju berdasarkan warna dan bahan
Hal pertama yang penting untuk kamu lakukan sebelum mencuci baju adalah memisahkan baju berdasarkan warna, terutama baju putih dan yang berwarna.

Ini berguna untuk mencegah baju yang berwarna luntur dan merusak baju putih. Selain itu, perawatan baju putih dan baju berwarna pun berbeda. Baju putih harus menggunakan cairan pemutih agar warnanya tidak pudar.

Selain warna, kamu juga harus memisahkan baju berdasarkan bahan yang digunakan. Apalagi, tidak semua baju bisa disikat, seperti baju payet dan brokat.

2. Gunakan sarung tangan bagi kulit sensitif
Kesalahan mencuci baju yang kerap dilakukan banyak orang adalah mencuci dengan tangan kosong atau terbuka. Tentu, ini bisa membuat tangan terasa panas. Akhirnya, kulit tangan bisa melepuh akibat sabun atau deterjen yang kuat, terutama pada kulit sensitif.
Jadi, kamu harus menggunakan sarung tangan karet agar tidak terkena sabun cuci dengan bahan kimia berbahaya. Tenang, kami memiliki rekomendasi produk sarung tangan karet yang bisa membantu kamu dalam mencuci baju menggunakan tangan berikut ini.
3. Rendam baju kotor ke dalam campuran deterjen
Untuk memudahkan proses mencuci, sebaiknya kamu merendam baju ke dalam larutan air yang telah dicampurkan dengan deterjen di dalam ember besar.

Proses ini bisa mengangkat kotoran ringan, seperti debu dari pakaian kamu sebelum disikat. Proses perendaman akan memakan waktu sekitar 30-45 menit, tergantung tingkat kekotoran pakaian.

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024