Challenge: DAY 164 – Life Hacks Kulit Buah | User: Abdul Kharis

Life Hacks Untuk Mengupas Buah, Wajib Dicoba
etiap buah memiliki kulit berbeda dan beberapa lebih sulit dikupas dibandingkan lainnya. Sebagian ada yang bisa dikupas hanya dengan jari tangan, namun ada juga yang memerlukan alat bantu, seperti pisau. Meskipun kelihatannya mengupas buah adalah hal yang sederhana, tapi salah satu dari kita pasti ada yang sampai hari ini belum bisa mengupas kulit nanas, atau tidak tahu cara memakan kiwi tanpa kulitnya. Artikel ini menjawab ketidaktahuan kita dan setelah mempraktikkan kelima cara ini, kita akan terlihat jenius saat sedang mengupas buah. Like a pro.

1. Memakai pisau chef untuk nanas
Cara paling aman dan termudah untuk mengupas adalah menggunakan pisau dapur yang tajam. Pisau chef adalah pilihan terbaik kita ketika mengupas buah yang berkulit tebal. Kelihatannya mengupas nanas memang sulit, tapi sebenarnya tidak juga. Yuk, coba mengupas kulit nanas dengan cara ini:

Cuci nanas terlebih dahulu, lalu letakkan di atas talenan.
Potong bagian atas nanas yang berbentuk seperti mahkotanya, lalu potong bagian bawah sehingga permukaan atas serta bawah menjadi datar dan nanas bisa didirikan dengan tegak.
Kupas kulit nanas menggunakan pisau dengan mengupasnya dari arah atas ke bawah. Agar kulit nanas bisa terkupas dengan tipis dan tidak mengambil banyak daging buah, gunakan pisau yang tajam.
Untuk mencegah munculnya rasa gatal pada lidah sehabis memakan nanas adalah dengan melumuri seluruh permukaan daging buah dengan garam. Diamkan selama sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air matang hingga bersih.
Buang bintik ‘mata’ nanas dengan cara memotongnya membentuk huruf ‘V’. Karena bintik pada buah nanas memiliki pola berjajar secara diagonal, jadi kita bisa membuangnya dengan cara memotong mengikuti alur buah nanas.
Setelahnya, potong nanas menjadi dua bagian, lalu buang bagian tengah nanas yang cenderung keras dan hambar. Terus, potong nanas sesuai selera, dan nanas pun siap disantap.

2. Bisa pilih pakai sendok atau gelas untuk kiwi
Lakukan dua cara untuk mengupas kiwi berikut ini :
Menggunakan sendok. Yang perlu kita lakukan adalah memotong bagian atas dan bawah kiwi, lalu membuat sayatan kecil dengan pisau di sisi kulitnya.

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024