Challenge: DAY 36 – Mengatur dan Membersihkan Kulkas | User: Abdul Kharis

6 Cara Membersihkan Kulkas agar Kinclong dan Bebas Bau Tak Sedap

Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan kulkas agar bebas bau tak sedap. Pasalnya, kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang penting.
Kulkas yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Kulkas yang kotor dan bau juga bisa berisiko membuat makanan terkontaminasi dan beracun.

Jika dibiarkan, kulkas akan menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang membahayakan bahan makanan atau minuman yang terdapat di dalamnya.

Sebaiknya bersihkan kulkas secara rutin setiap dua hingga tiga minggu sekali. Selain itu, lakukan juga pembersihan kulkas secara menyeluruh setiap tiga bulan sekali.

Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan kulkas agar bersih dan bebas dari aroma tak sedap yang dihimpun dari berbagai sumber :

1. Keluarkan isi didalam kulkas
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membersihkan adalah mengeluarkan semua isi kulkas, seperti makanan, minuman, sayuran, daging, dan lainnya.

Cara ini juga sekaligus menjadi langkah untuk memilah mana makanan yang masih layak makan atau tidak, seperti dikutip dari laman The Spruce.

Periksa setiap makanan dan minuman kemasan dan buang jika sudah kadaluarsa. Anda juga bisa mematikan dahulu mesin kulkas selama proses membersihkannya berlangsung.

2. Lepaskan sekat didalam kulkas
Selanjutnya lepas semua sekat dan rak yang terdapat di dalam kulkas. Kemudian cuci sekat dan rak tersebut menggunakan sabun pencuci dan air bersih untuk membersihkan minyak, tumpahan minuman, dan lainnya.

Bersihkan secara perlahan menggunakan spons dan hindari menghilangkan kotoran membandel dengan kawat pencuci, sebab mencuci dengan kawat bisa meninggalkan baret.

Setelah dicuci, keringkan sekat dan rak tersebut dan masukkan kembali ke posisi semula di kulkas setelah benar-benar kering dan bagian dalam kulkas dibersihkan.

3. Bersihkan saluran pembuangan

4. Bersihkan Freezer
Kemudian, Anda bisa membersihkan freezer dengan cara yang kurang lebih sama, yakni melepas sekat dan rak dan mencucinya.

5. Lap bagian dalam dan luar kulkas
6. Gunakan bahan alami untuk menghilangkan bau

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024