Challenge: DAY 37 – Ganti LED | User: Abdul Kharis

Yuk ganti lampu dengan LED untuk penghematan

Hemat energi adalah langkah penting dalam menjaga keberlanjutan penyediaan sumber tenaga di bumi dan juga tentunya mengurangi biaya tagihan listrik.

Salah satu cara praktis untuk menghemat energi adalah dengan mengganti lampu hemat energi (LHE) yang ada dengan lampu LED yang lebih efisien.

Kali ini S-gala.com akan memberikan tips tentang salah satu cara menghemat listrik dengan mengganti lampu di rumah, yang tadinya LHE menjadi lampu LED.

Lampu hemat energi, juga dikenal sebagai lampu energi efisien, adalah jenis lampu yang dirancang untuk menggunakan energi lebih sedikit dibandingkan dengan lampu tradisional.

Umumnya LHE menghasilkan jumlah cahaya yang sama dengan lampu tradisional, tetapi dengan penggunaan daya yang lebih rendah.

Lampu hemat energi (LHE) mulai populer di Indonesia sekitar awal tahun 2000-an. Pada periode ini, pemerintah Indonesia secara aktif mendorong penggunaan lampu hemat energi untuk mengurangi konsumsi energi dan mengatasi masalah krisis listrik yang terjadi pada saat itu.

Langkah-langkah pemerintah meliputi kampanye kesadaran masyarakat, pengenalan program subsidi, dan kebijakan peraturan tentang penggunaan lampu hemat energi.

Pada tahun 2005, pemerintah Indonesia meluncurkan program nasional yang dikenal sebagai “Gerakan Nasional Penghematan Energi” (GNPE). Salah satu fokus utama GNPE adalah penggantian lampu pijar konvensional dengan lampu hemat energi, terutama lampu pijar hemat energi (CFL).

Sejak saat itu, lampu hemat energi semakin populer di Indonesia.

Lampu CFL, yang merupakan salah satu jenis lampu hemat energi yang umum pada saat itu, menjadi pilihan yang lebih populer bagi banyak rumah tangga dan bisnis untuk menggantikan lampu pijar konvensional.
Seiring dengan perkembangan teknologi, lampu LED juga mulai populer di Indonesia, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Keunggulan lampu LED dalam hal efisiensi energi, umur yang lebih panjang, dan kualitas cahaya yang baik telah mendorong penggunaan dan popularitasnya di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran akan efisiensi energi dan keberlanjutan semakin meningkat di Indonesia.

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024