Challenge: DAY 38- Naik Umum, Yuk | User: Abdul Kharis

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Transportasi Umum
Transportasi umum dirancang sebagai alternatif perjalanan serta mengurangi waktu untuk bepergian. Adapun transportasi umum menghubungkan satu daerah ke daerah lain.

Di Indonesia, layanan transportasi umum semakin meningkat. Hal ini membuat penggunaan transportasi umum lebih diminati masyarakat. Walau begitu, banyak diantaranya yang juga merasa tidak butuh naik transportasi umum. Padahal, banyak sekali manfaat yang dapat Anda dan lingkungan Anda rasakan saat memakai transportasi umum.
Manfaat pakai trasportasi umum :

1. Meningkatkan kesehatan
Transportasi umum dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Pertama, Anda harus berjalan dari pintu depan ke halte atau terminal terdekat, sehingga membantu meningkatkan aktivitas fisik. Selain itu, dengan transportasi umum, Anda mengurangi pemakaian transportasi pribadi yang membuat orang-orang sekitar Anda menghirup udara yang lebih segar.

2. Lebih Hemat
Meskipun biaya perjalanan harian dengan transportasi umum mungkin tampak kecil, penghematan dalam jangka panjang dapat signifikan. Anda tidak perlu membeli bensin, melakukan perawatan kendaraan, atau membayar biaya parkir yang mahal.

Dibandingkan kendaraan pribadi, transportasi cenderung lebih murah. Mulai dari Rp 3 ribu, Anda dapat melakukan perjalanan dan transit kemanapun dengan nyaman dan tidak panas-panasan. Hal ini tentu akan menekan biaya pengeluaran Anda. Selain biaya bensin dan parkir, Anda juga dapat menekan biaya servis rutin kendaraan pribadi Anda yang tidak murah.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan waktu perjalanan Anda untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif, seperti membaca, belajar, atau bekerja. Ini dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda dan menghasilkan uang lebih banyak dalam jangka panjang.

3. Efisiensi Bahan bakar
Jika Anda membandingkannya dengan kendaraan pribadi yang menggunakan bahan bakar gas, transportasi umum lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Perbandingan rata-rata jarak tempuh per galon antara mobil pribadi dan bus atau kereta api menunjukkan bahwa penggunaan bahan bakar lebih sedikit ketika menggunakan transportasi umum.

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024