Challenge: DAY 52 – Rutinitas Pagi | User: Abdul Kharis

Mengawali pagi secara tepat adalah kunci dari menjalani hari yang produktif. Pasalnya, pagi hari yang berantakan akan membawa efek domino dan mengganggu aktivitas kamu seharian.

Sebagai contoh, kalau kamu bangun lebih siang dan sama sekali nggak ada persiapan dari malam hari, kamu akan menghabiskan waktu buat menyiapkan hal tersebut. Padahal, banyak yang sebenarnya perlu jadi bagian rutinitas pagi kamu, seperti sarapan dan berolahraga.

Lantas, bagaimana cara memastikan rutinitas pagi kamu tetap berjalan lancar dan hari-hari kamu semakin produktif, ya? Langsung saja simak tips dari kami berikut ini :
1. Hentikan Menekan Tombol Snooze
Kalau kamu merasa bangung terlalu pagi dan butuh tidur 5 menit lagi, godaan menekan tombol snooze akan semakin tinggi. Padahal, dibandingkan menunda-nunda waktu bangun tidur, sebaiknya kamu lakukan secara cepat. Bila masih digandrungi rasa kantuk, segera pergi ke kamar mandi buat sikat gigi dan cuci muka agar lebih segar.

Nah, buat malam berikutnya, pastikan kamu cukup tidur. Usahakan untuk tidur 7 hingga 8 jam bagi para orang dewasa. Dengan tidur cukup, kamu akan bangun dengan lebih segar.

2. Tarik Nafas Dalam-dalam
Rutinitas pagi yang benar bukanlah yang aktif atau penuh gerak-gerik. Tapi, yang benar adalah yang fokus dan dilakukan secara perlahan, namun pasti. Maka dari itu, sebelum mulai melakukan berbagai hal, cobain untuk tarik nafas dalam-dalam atau juga meditasi. Nanti, kamu jadi bisa lebih tenang dan relax saat menghadapi tantangan-tantangan lain di hari ini.

3. Makan yang Cukup
Sarapan adalah makan yang paling penting karena punya peran untuk memberi ‘bahan bakar’ selama kamu menjalani hari dan melakukan rutinitas pagi yang lain. Tentunya, kamu nggak mau pagi-pagi jadi nggak fokus karena kelaperan, dong?

Namun, selain itu, sarapan juga penting karena bisa membekali kamu nutrisi serta kalori yang kamu butuhkan setiap hari. Beberapa di antaranya adalah protein, karbohidrat, serat, serta berbagai vitamin dan mineral yang penting buat fungsi tubuh.

4. Siapin Rencana Harian
Nggak ada rutinitas pagi atau hari yang berjalan lancar tanpa adanya rencana yang benar.

5. Jangan Lupa Olahraga

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Bergerak dari Akar Rumput, Tercipta 150 Bank Sampah di Solo

Cita-cita Denok Marty Astuti sederhana saja, dia ingin agar Kota Solo, tempat tinggalnya, menjadi kota yang […]

oleh Indonesia Asri
May 27, 2024
 

Bersih-Bersih Sampah Digital dengan Digital Decluttering Itu Penting, Yuk Sering Lakukan!

  Masyarakat tengah dihadapkan dengan perubahan dan krisis iklim yang semakin nyata. Greenpeace Indonesia mencatat, kondisi […]

oleh Indonesia Asri
May 24, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024