Challenge: DAY 53 – Cooking Time! | User: Abdul Kharis

Mengurus rumah sendirian memang tak semudah yang dibayangkan. Terkadang ada kalanya Moms harus bisa persingkat waktu memasak di dapur agar segala hal bisa beres tepat waktu.

Persingkat waktu memasak ternyata tak sulit dilakukan. Perlu banyak trik dimulai dari persiapan bahan hingga pada saat proses memasak dilakukan. Selain itu, Moms juga dapat memilih resep masakan yang singkat dan praktis.

Apabila Moms sangat sibuk dan hanya punya sedikit waktu luang, maka usahakan untuk memasak sekaligus dalam jumlah banyak.

Cara ini dinilai lebih menghemat waktu dibandingkan memasak sedikit-sedikit dan dalam frekuensi yang sering.

Dengan memasak banyak, maka makanan sisa masih bisa dimasukkan ke dalam kulkas agar awet. Agar bisa dimakan kembali, jangan lupa hangatkan masakan Anda.
Jadilah multitasking

Tips persingkat waktu memasak bisa dilakukan dengan menjalankan kemampuan multitasking.

Pada saat Moms sedang memanaskan wajan, maka Moms bisa memotong/mencincang bumbu dan bahan makanan. Hal ini dilakukan agar ketika wajan telah panas, bumbu-bumbu siap dimasukkan.

Sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang telah terbiasa memasak. Namun bagi pemula, hal ini cukup sulit dilakukan.

Siapkan ide masakan

Agar bisa persingkat waktu memasak, maka siapkan ide masakan.

Sebaiknya, persiapkan ide sejak malam sebelumnya, agar ketika pagi tiba, Anda tak lagi kebingungan ingin masak apa untuk keluarga.

Pilih resep yang praktis

Meski sudah dipersiapkan sejak semalaman, namun belum tentu masakan yang ingin Moms buat bisa dimasak dalam waktu singkat.

Maka dari itu, pilihlah resep yang praktis dan dapat dibuat dalam waktu singkat. Pastikan juga masakan tersebut punya nilai gizi yang seimbang agar kebutuhan gizi keluarga tetap terpenuhi.

Siapkan bumbu siap saji
Setelah punya ide masakan, maka siapkan bahan-bahannya. Pastikan semua bahan yang ingin digunakan telah tersedia di depan mata.

Jangan sampai Anda kehabisan bahan masakan atau bahkan bumbu dasar karena bisa berakibat fatal bagi masakan yang Anda buat.
Biasakan diri Anda untuk selalu menyimpan stok bumbu siap saji seperti bumbu nasi goreng instan, bumbu sayur sop instan, dan sebagainya, agar Moms bisa masak

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Bergerak dari Akar Rumput, Tercipta 150 Bank Sampah di Solo

Cita-cita Denok Marty Astuti sederhana saja, dia ingin agar Kota Solo, tempat tinggalnya, menjadi kota yang […]

oleh Indonesia Asri
May 27, 2024
 

Bersih-Bersih Sampah Digital dengan Digital Decluttering Itu Penting, Yuk Sering Lakukan!

  Masyarakat tengah dihadapkan dengan perubahan dan krisis iklim yang semakin nyata. Greenpeace Indonesia mencatat, kondisi […]

oleh Indonesia Asri
May 24, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024