Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah


Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, gaya hidup berkelanjutan juga memastikan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan keberlanjutan ekosistem bumi. Penerapan gaya hidup berkelanjutan melibatkan kesadaran terhadap cara menggunakan sumber daya alam, mengurangi jejak ekologis, dan memilih tindakan yang mendukung keseimbangan ekosistem untuk generasi saat ini dan masa depan. Gaya hidup berkelanjutan dapat diterapkan di sekolah sebagai bagian integral dari pendidikan lingkungan dan upaya kolektif melestarikan lingkungan. Lantas, bagaimana cara siswa menerapkan gaya hidup berkelanjutan di sekolah? 

Cara Menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan pada Siswa 

Menerapkan gaya hidup berkelanjutan pada siswa melibatkan serangkaian langkah yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan tindakan positif terhadap lingkungan. Melalui edukasi tentang gaya hidup berkelanjutan, siswa dapat menjadi agen perubahan positif dalam mendukung keberlanjutan. Mereka dapat membiasakan diri menjadikan gaya hidup berkelanjutan sebagai bagian integral dari rutinitas sehari-hari. Dirangkum dari berbagai sumber, cara-cara menerapkan gaya hidup berkelanjutan pada siswa dapat diuraikan sebagai berikut. 

  1. Pendidikan dan kesadaran lingkungan 

Siswa dapat diberikan pendidikan yang mendalam mengenai isu-isu lingkungan dan pentingnya gaya hidup berkelanjutan. Hal ini dapat dilakukan melalui program-program sekolah, workshop, atau kegiatan ekstrakurikuler yang berfokus pada keberlanjutan. Materi mengenai gaya hidup berkelanjutan dan lingkungan dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum. Dengan begitu, siswa dapat terus mendapatkan informasi dan pemahaman mengenai pentingnya gaya hidup berkelanjutan. 

  1. Praktik penghematan sumber daya 

Cara menerapkan gaya hidup berkelanjutan pada siswa bisa dilakukan melalui kegiatan yang mendorong penghematan sumber daya. Contohnya, membiasakan untuk mematikan lampu ketika tidak digunakan, menggunakan kertas daur ulang, dan membatasi penggunaan air. 

  1. Program daur ulang 

Sekolah dapat menginisiasi program daur ulang yang kemudian diajarkan kepada siswa. Dalam program itu, siswa diajarkan untuk memilah sampah, mendaur ulang bahan-bahan tertentu, dan mengurangi pemborosan. 

  1. Penanaman pohon dan konservasi alam 

Siswa dapat dilibatkan dalam kegiatan menanam pohon atau merawat taman sekolah untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan alam sekitar. 

  1. Promosi transportasi ramah lingkungan 

Siswa didorong untuk menggunakan transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki ke sekolah, guna mengurangi emisi gas rumah kaca dari kendaraan pribadi. 

  1. Kegiatan ekstrakurikuler berkelanjutan 

Sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan gaya hidup berkelanjutan. Misalnya, kelompok belajar tentang lingkungan atau proyek-proyek inovatif yang mendukung gaya hidup berkelanjutan. 

Contoh Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah mencakup serangkaian kebijakan dan praktik yang mendukung kesadaran lingkungan dan pengurangan dampak negatif terhadap bumi. Lantas, bagaimana cara siswa menerapkan gaya hidup berkelanjutan di sekolah? Berikut beberapa contoh penerapan gaya hidup berkelanjutan oleh siswa: 

  1. Program daur ulang 

Sekolah dapat mengimplementasikan program daur ulang yang melibatkan siswa dan staf dalam memilah juga mendaur ulang sampah. Misalnya, membedakan tempat pembuangan sampah kertas, plastik, dan logam, untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

  1. Kantin berkelanjutan 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah bisa berupa penerapan kantin berkelanjutan. Misalnya, mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai, menggunakan wadah ramah lingkungan, dan menyediakan opsi makanan yang diperoleh dari sumber-sumber lokal dan berkelanjutan. 

  1. Penanaman tanaman dan taman sekolah 

Melibatkan siswa dalam kegiatan penanaman tanaman, merawat taman sekolah, dan mengintegrasikan konsep keberlanjutan dalam kurikulum pertanian sekolah. 

  1. Program hemat energi 

Menerapkan kebijakan hemat energi juga termasuk sebagai contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah. Misalnya, siswa membiasakan diri untuk mematikan lampu dan perangkat listrik yang tidak digunakan. 

  1. Pendidikan lingkungan 

Program pendidikan lingkungan yang terintegrasi dalam kurikulum juga termasuk sebagai contoh penerapan gaya hidup berkelanjutan di sekolah. Misalnya, memasukkan pembelajaran tentang pentingnya keberlanjutan dan tanggung jawab terhadap lingkungan. 

  1. Klub atau proyek lingkungan 

Contoh kegiatan yang menunjang gaya hidup berkelanjutan juga bisa berupa upaya pembentukan klub atau proyek berbasis lingkungan di sekolah. Dengan itu, siswa dapat terlibat dalam kegiatan berkelanjutan dan proyek-proyek peningkatan lingkungan. 

  1. Transportasi ramah lingkungan 

Gaya hidup berkelanjutan bisa dimulai dengan upaya mendorong siswa dan staf untuk menggunakan transportasi ramah lingkungan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Misalnya, bersepeda, berjalan kaki, atau menggunakan transportasi umum, untuk berangkat ke sekolah. 

  1. Pengelolaan air yang efisien 

Warga sekolah dapat mengadopsi praktik pengelolaan air yang efisien, termasuk perbaikan keran yang bocor, penggunaan teknologi hemat air, dan edukasi tentang konservasi air. 

  1. Program pengurangan limbah 

Sekolah dapat menerapkan program pengurangan limbah dengan mengurangi penggunaan barang-barang sekali pakai, meminimalkan pemborosan, dan mendukung inisiatif daur ulang. 

  1. Partisipasi dalam komunitas berkelanjutan 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah juga bisa diterapkan melalui kolaborasi dengan komunitas lingkungan setempat. Kolaborasi itu bisa berupa kerja sama membersihkan area sekitar sekolah atau berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan di tingkat lokal. Melalui implementasi contoh-contoh ini, sekolah dapat menjadi wahana untuk membentuk dan memperkuat kesadaran lingkungan serta mendorong perilaku berkelanjutan di antara para siswa dan staf.

Penulis : Umi Zuhriyah

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Minyak Jelantah Jangan Langsung Dibuang! Bisa Diolah lagi dengan Manfaat Berlimpah!

Siapa sih yang nggak doyan gorengan? Di balik kenikmatannya, ada minyak goreng yang dipakai untuk mengolah […]

oleh Indonesia Asri
June 11, 2024
 

Bergerak dari Akar Rumput, Tercipta 150 Bank Sampah di Solo

Cita-cita Denok Marty Astuti sederhana saja, dia ingin agar Kota Solo, tempat tinggalnya, menjadi kota yang […]

oleh Indonesia Asri
May 27, 2024
 

Bersih-Bersih Sampah Digital dengan Digital Decluttering Itu Penting, Yuk Sering Lakukan!

  Masyarakat tengah dihadapkan dengan perubahan dan krisis iklim yang semakin nyata. Greenpeace Indonesia mencatat, kondisi […]

oleh Indonesia Asri
May 24, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024