Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

 

Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam menerapkan gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living. 

Bagaimana tidak, perempuan adalah pendidik dan manager dalam keluarga yang turut mengatur gaya hidup sehari-hari. 

Sehingga, perempuan punya andil yang besar dalam menjalankan gaya hidup yang berkelanjutan atau tidak. 

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Nada Arini, seorang ecopreneur dan Co-Founder Sustainable Indonesia. 

“Sebagai perempuan, terutama ibu, itu kan manager rumah tangga. Segala keputusan, walau itu kecil-kecil, tapi dampaknya luar biasa,”  papar Nada di talkshow “Ciptakan #IndonesiaAsri dalam Perspektif Lintas Generasi” yang diadakan di Jakarta (23/11/23).

Misalnya seperti membeli segala kebutuhan rumah tangga, asupan makanan yang dikonsumsi keluarga, hingga mengenakan pakaian sehari-hari, semuanya diatur oleh perempuan. 

“Itu keputusan yang hari-hari kita kerjakan, dalam sehari bisa beratus-ratus keputusan. Kalau kita melatih keputusan-keputusan yang berdampak baik untuk lingkungan – yang dilihat suami, anak, mertua – itu bisa memengaruhi mereka,” cerita Nada berdasarkan pengalamannya. 

Ketika anggota keluarga yang lain melihat keputusan tersebut akan membuat mereka terbiasa melakukan sustainable living.

Nada juga mengingatkan bahwa dalam menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan, tak harus selalu membuat keputusan yang besar. 

“Buat teman-teman di luar sana, enggak perlu merasa berkecil hati kalau enggak bisa melakukan perubahan besar. Karena perubahan kecil bisa berdampak luar biasa,” ujarnya mengingatkan. 

Adapun perubahan-perubahan kecil yang bisa dilakukan dalam rumah tangga adalah memilah sampah makanan, mematikan lampu kamar mandi saat tidak digunakan, memakai baju lungsuran alih-alih pakaian baru, membawa tumbler atau kotak makan sendiri saat bepergian, hingga mengantar anak sekolah menggunakan transportasi umum. 

Menurutnya, penting untuk perempuan sebagai manager dalam rumah tangga berkomitmen untuk melakukan perubahan, karena jika tidak akan berdampak buruk bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus. 

“Nanti udah enggak ada tanah yang subur lagi, semua airnya tercemar. Maka dari itu kita perlu komitmen untuk memraktekan sustainable living itu tadi. Aku harus melakukan keputusan-keputusan baik sehari-hari, supaya masa depan anak juga lebih baik,” jelas Nada.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan bahwa melakukan sustainable living itu jangan mengharapkan hasil yang instan dengan kondisi lingkungan yang akan langsung berubah menjadi lebih baik. 

“Kita itu sedang investasi. Kita investasi kebiasaan baik, tapi hasilnya di kemudian hari buat anak-anak kita,” tambah Nada. 

Lantas, bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk ‘berinvestasi’ melakukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk lingkungan? 

Berikut cara menyenangkan untuk mulai membiasakan diri menerapkan gaya hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Tantangan Aksi Asri 365 

Chandra Asri, perusahaan kimia dan solusi infrastruktur di Indonesia, membuat inisiasi yang mendorong masyarakat lintas generasi untuk mulai sadar diri terhadap dampak lingkungan. 

Yaitu melalui kampanye #IndonesiaAsri, yang bertujuan agar setiap generasi memiliki kemampuan mengembangkan dan menerapkan konsep lingkungan yang berkelanjutan. 

Seperti dijelaskan oleh Head of Corporate Communication Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan, bahwa kampanye #IndonesiaAsri berfokus pada tiga pendekatan. 

Yaitu edukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah berkelanjutan, inisiatif pengurangan jejak karbon dalam setiap lini kehidupan, serta aksi nyata untuk mengajak masyarakat aktif menjalankan perubahan positif bagi lingkungan, mulai dari langkah terkecil. 

“Salah satu upaya kami untuk memberikan edukasi adalah menghadirkan microsite #IndonesiaAsri (https://indonesiaasri.com/) sebagai pusat informasi dan gerakan untuk aksi nyata yang dapat diakses masyarakat luas dalam upaya meningkatkan pemahaman kita semua tentang gaya hidup berkelanjutan,” ujar perempuan yang  akrab dipanggil Santhi. 

Ketika kalian membuka indonesiaasri.com ini akan tersedia akses terhadap konten edukasi dan inspirasi soal sustainable living. Salah satunya yang bisa Kawan Puan coba adalah tantangan #AksiAsri365. 

Program ini berisi rangkaian kegiatan menuju gaya hidup yang menempatkan aspek lingkungan sebagai prioritas melalui pendekatan yang edukatif, informatif dan kreatif.

Adapun tantangan ini berlangsung selama satu tahun ke depan, mulai dari 1 Desember 2023 dan berakhir pada 30 November 2024, yang bisa diikuti melalui halaman microsite indonesiaasri.com. 

Mengikuti tantangan ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk membiasakan diri dalam melakukan sustainable living. 

Kawan Puan bisa mendaftar dengan membuat akun Warga Asri dan melengkapi identitas pribadi untuk bergabung dalam tantangan tersebut. 

Selanjutnya kamu akan diberikan pengingat harian seputar aktivitas apa saja yang harus dilakukan dan manfaat yang dapat diberikan kepada lingkungan. 

Kamu yang mengikuti tantangan #AksiAsri365 ini pun dapat mengunggah satu sampai empat foto, serta notes terkait kegiatan yang dilakukan setiap hari. 

Nantinya kalian yang mengikuti tantangan tersebut berhak mendapatkan poin dari aktivitas yang dilakukan setiap harinya serta berhak memperoleh hadiah menarik dari #IndonesiaAsri. 

Jadi, apakah kalian sudah siap memulai kebiasan baru dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan

 

Penulis :Citra Narada Putri

 

Ikutan #AksiAsri365, Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan Berlimpah Hadiah!

    Kontribusi untuk menjaga lingkungan bisa dimulai dari langkah terkecil. Salah satunya dengan mengubah gaya […]

oleh Indonesia Asri
April 4, 2024
 

Contoh gaya hidup berkelanjutan di sekolah

Gaya hidup berkelanjutan merupakan suatu pola hidup yang berusaha menjalani kehidupan sehari-hari dengan meminimalkan dampak negatif […]

oleh Indonesia Asri
May 17, 2024
 
Sustainable Waste Management

Peran Penting Gen Z Sebarkan Konten tentang Sustainability, Harus Cek Kelayakan Data Sebelum Diunggah

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan kampanye Indonesia Asri dengan konsep “lintas generasi” pada […]

oleh Indonesia Asri
May 13, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apa Itu Ekonomi Sirkular? Ini Aksi Nyata Ekonomi Sirkular untuk Lingkungan Kita

Ekonomi sirkular adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan dan sosial akibat pemanasan global. Dalam […]

oleh Indonesia Asri
May 6, 2024
 

Kenapa Manusia Punya Peran Penting dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup?

Kids, tahukah kamu bahwa kita sebagai manusia punya kewajiban dalam melestarikan lingkungan? Lingkungan jadi tempat di […]

oleh Indonesia Asri
May 2, 2024
 

Ini Pentingnya Peran Perempuan dalam Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

  Di tengah ancaman kerusakan lingkungan, penting untuk disadari bahwa perempuan punya peran yang penting dalam […]

oleh Indonesia Asri
April 20, 2024