Ragam Limbah Cair yang Kaya Manfaat, Apa Saja?

Sumber: Shutterstock.com

Tahukah Warga Asri, mengelola sampah rumah tangga bisa jadi kebiasaan baik dengan dampak besar? Mungkin Warga Asri sudah mulai membiasakan memilah sampah. Tapi, ada lagi nih limbah rumah tangga yang mungkin kita pandang sebelah mata, padahal perlu kita kelola, yaitu limbah rumah tangga yang berbentuk cair. Memangnya apa saja limbah cair dari rumah tangga dan bagaimana cara memanfaatkannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai habis!

Air Buangan AC 

Jika biasanya Warga Asri membuang begitu saja air buangan AC, coba manfaatkan untuk menyiram tanaman. Selain airnya yang bersih dan jernih, air buangan AC juga tidak mengandung zat tambahan lainnya.

Selain untuk menyiram tanaman, air buangan AC juga bisa Warga Asri gunakan untuk membersihkan rumah, seperti kaca jendela, mengepel lantai, membersihkan perabot, bahkan mencuci sandal dan sepatu.

Air Rebusan Mi Instan

Siapa sangka bahwa air rebusan mi instan justru berguna untuk menyiram tanaman? Kalau Warga Asri adalah pencinta tanaman atau ahli perkebunan, jangan sia-siakan air rebusan mi instan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyiram tanaman dengan air rebusan mi instan ternyata memiliki efek positif, seperti pertumbuhan tanaman yang lebih cepat dibanding saat disiram dengan air biasa. Hal tersebut bisa terjadi karena air rebusan mi instan mengandung mineral yang cukup tinggi. Pati yang larut dan terkandung di dalamnya juga bertindak sebagai pupuk untuk tanaman. Namun, pastikan menyiramnya dalam suhu normal, ya, Warga Asri!

Air Cucian Beras

Sering mencuci beras, tapi air bekasnya dibuang begitu saja? Inilah saatnya Warga Asri mengubah kebiasaan tersebut. Air cucian beras yang dianggap kotor, bila diolah dengan baik, ternyata bisa memberikan banyak manfaat!

Air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dan mencerahkan wajah. Kandungan vitamin E di dalamnya juga diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Jadi, tidak heran bila air beras seringkali dijadikan bahan dasar kosmetik.

Lalu, bagaimana cara mengolah air beras agar siap digunakan untuk wajah? 

  1. Warga Asri cukup mengambil ½ cangkir beras dan mencucinya hingga bersih di dalam mangkuk.
  2. Ganti air cucian beras pertama, tapi jangan dibuang karena air bekas cucian beras ini juga baik digunakan untuk menyiram tanaman, ya!
  3. Kemudian tambahkan kembali 2-3 gelas air ke dalam mangkuk berisi beras yang sudah dicuci sebelumnya, lalu diamkan selama 30 menit untuk menghasilkan air yang lebih jernih. 
  4. Selanjutnya, saring air beras ke dalam mangkuk bersih dan air beras siap digunakan. Berasnya juga sudah siap dimasak ya, Warga Asri!

Namun, Warga Asri tetap harus berhati-hati sebelum menggunakan air beras pada wajah, terlebih jika memiliki kulit sensitif. Sebaiknya Warga Asri tetap berkonsultasi dulu dengan dokter kulit, ya!

Gimana, ternyata mengelola limbah cair rumah tangga bisa lumayan membantu ngurangin biaya air bulanan juga ‘kan? Kalau Warga Asri baru tahu informasi di artikel ini, jangan lupa bagikan ke circle Anda, ya! Yuk, kita mulai biasakan pengelolaan dan pemilahan limbah dengan sederhana dari rumah!

 

Sumber : 

https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/jangan-dibuang-ini-5-manfaat-air-buangan-ac-di-rumah/

https://www.kompas.tv/feature/199794/kerap-dibuang-air-rebusan-mi-instan-justru-bermanfaat-bagi-tanaman

https://www.alodokter.com/simak-manfaat-air-beras-untuk-wajah-dan-cara-menyiapkannya

 

 
Carbon Management
Sustainable Waste Management

Memiliki Banyak Keunggulan, Ini Alasan Produk Lokal Harus Menjadi Andalan

Ajakan untuk membeli atau mengonsumsi produk lokal sudah digaungkan sejak lama. Hal ini bukan tanpa alasan […]

oleh Indonesia Asri
February 29, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apakah Buang pada Tempatnya, Cukup Atasi Permasalahan Sampah?

Sampah menjadi salah satu sumber masalah lingkungan yang perlu dibenahi bersama. Sayangnya, upaya membuang sampah pada […]

oleh Surya
January 23, 2024
 
Sustainable Waste Management

Tips Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak Kos, Anti Ribet!

Salah satu tantangan menjadi anak kos adalah mengatur menu makan sehari-hari. Seringkali karena keterbatasan waktu hingga […]

oleh Indonesia Asri
January 11, 2024
 
Sustainable Waste Management

Ragam Limbah Cair yang Kaya Manfaat, Apa Saja?

Tahukah Warga Asri, mengelola sampah rumah tangga bisa jadi kebiasaan baik dengan dampak besar? Mungkin Warga […]

oleh Indonesia Asri
January 5, 2024
 
Carbon Management
Sustainable Waste Management

3 Hal Sederhana untuk Mengurangi Perubahan Iklim

Perubahan iklim menjadi tantangan yang perlu ditanggulangi bersama, karena kontribusi sederhana tetap memiliki arti yang besar […]

oleh Indonesia Asri
December 21, 2023
 
Carbon Management
Sustainable Waste Management

Rumah Ramah Lingkungan, Baik untuk Kesehatan

  Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dan menjadi tempat kita menghabiskan waktu bersama keluarga […]

oleh Indonesia Asri
December 12, 2023