3 Hal Sederhana untuk Mengurangi Perubahan Iklim

Sumber: Freepik

Perubahan iklim menjadi tantangan yang perlu ditanggulangi bersama, karena kontribusi sederhana tetap memiliki arti yang besar bagi alam. Ternyata, ada beberapa hal kecil dan mudah yang bisa dilakukan agar Bumi tetap terjaga. Apa sajakah itu? Yuk, simak artikelnya!

Bijak Konsumsi Makanan 

Cara sederhana pertama yang bisa Warga Asri lakukan adalah memperhatikan porsi makan. Biasakan untuk menghabiskan makanan yang sudah Anda ambil dan usahakan untuk tidak berbelanja bahan makanan sampai berlimpah, karena sampah organik juga berdampak pada lingkungan. Selain itu, pastikan saat menyiapkan makanan, Anda sudah memaksimalkan penggunaan bahan makanan. Fun fact, sisa-sisa sayur seperti wortel dan seledri bisa jadi bahan kaldu yang lezat! 

Nah, kalau soal porsi makan sudah aman, Warga Asri bisa mencoba memilih makanan yang sehat, seperti tempe. Fakta menariknya, dalam 100 gram tempe terdapat kurang lebih 18-20 gram protein dengan hanya menghasilkan kurang dari 20% emisi karbon dioksida pada proses produksinya.

Reuse Pakaian di Lemari

Setiap tahun, lebih dari 100 miliar helai pakaian diproduksi secara global, dengan 65% di antaranya berakhir di tempat sampah dalam waktu 12 bulan. Industri fashion, terutama fast fashion, bertanggung jawab atas 8–10% emisi karbon global, melebihi gabungan dari penerbangan dan pelayaran.

Agar kondisi ini tidak semakin parah, Warga Asri bisa memadupadankan outfit yang ada atau menyewa untuk acara tertentu. Lalu, apabila Warga Asri punya pakaian berlebih sebaiknya diberikan kepada teman atau saudara, dijual secara daring, didonasikan, atau dibawa ke tempat daur ulang. Jangan biarkan sampah pakaian kita berkhir begitu saja di tempat pembuangan akhir.

Membiasakan Pilah Sampah

Memilah sampah bisa menjadi budaya sederhana di rumah dengan dampak yang besar untuk lingkungan. Warga Asri bisa memulai dengan memisahkan sampah organik dan anorganik. Kemudian menyerahkan sampah anorganik, seperti plastik, kaleng, atau beling, kepada bank sampah untuk dikelola lebih lanjut. 

Sedangkan untuk sampah organik seperti sisa makanan, Warga Asri bisa mengolahnya menjadi pupuk kompos. Selain mengurangi beban tempat pembuangan akhir sampah, cara tersebut dapat memperpanjang kebermanfaatan makanan yang sudah tidak dikonsumsi.

Yuk, mulai jalanin hal-hal sederhana ini untuk membantu kelestarian alam kita! Selain 3 cara sederhana tadi, Warga Asri juga bisa eksplor cara-cara lainnya, lho! Buat Warga Asri yang mau mulai hidup sustainable secara konsisten dan seru, jangan lupa ikutan challenge #AksiAsri365 ya!

 

Sumber : 

https://www.gramedia.com/literasi/cara-mengatasi-pemanasan-global/

https://dataindonesia.id/varia/detail/daftar-jenis-sampah-yang-paling-lama-terurai-apa-saja

https://www.popmama.com/life/home-and-living/sittah-husnul-khotimah/cara-memilah-sampah-di-rumah-yang-benar?page=all

 
Carbon Management

Self-Love dalam Pola Hidup Ramah Lingkungan

Ancaman krisis iklim merupakan hal yang menakutkan bagi kita. Bagaimana tidak? Bencana alam seperti panas yang […]

oleh Indonesia Asri
March 21, 2024
 
Carbon Management

Manfaat Rutin Bersepeda, Sehat dan Ramah Lingkungan!

Warga Asri ingin mencoba berolahraga yang seru dengan intensitas rendah tapi bingung harus mulai dari mana? […]

oleh Indonesia Asri
March 13, 2024
 
Carbon Management
Sustainable Waste Management

Memiliki Banyak Keunggulan, Ini Alasan Produk Lokal Harus Menjadi Andalan

Ajakan untuk membeli atau mengonsumsi produk lokal sudah digaungkan sejak lama. Hal ini bukan tanpa alasan […]

oleh Indonesia Asri
February 29, 2024
 
Carbon Management

Rekomendasi Kegiatan Seru Ramah Lingkungan di Akhir Pekan

Akhir pekan menjadi momen yang tepat untuk mengumpulkan tenaga dan menyegarkan pikiran. Berbagai kegiatan dapat dilakukan, […]

oleh Indonesia Asri
February 21, 2024
 
Carbon Management

Ruangan Auto Asri dengan Tanaman Hias, Cek Rekomendasinya di Sini!

Warga Asri tertarik membuat ruangan di rumah jadi lebih hijau? Ternyata ada banyak jenis tanaman hias […]

oleh Indonesia Asri
February 1, 2024
 
Sustainable Waste Management

Apakah Buang pada Tempatnya, Cukup Atasi Permasalahan Sampah?

Sampah menjadi salah satu sumber masalah lingkungan yang perlu dibenahi bersama. Sayangnya, upaya membuang sampah pada […]

oleh Surya
January 23, 2024